10 Ciri Anda Memerlukan Antivirus Baru untuk Windows 10&11 dan Mac: Perlindungan terhadap virus Digital yang Tak Tertandingi

10 Ciri Anda Memerlukan Antivirus Baru untuk Windows 10&11 dan Mac: Perlindungan terhadap virus Digital yang Tak Tertandingi

Antivirus adalah salah satu perangkat lunak keamanan yang paling penting untuk melindungi perangkat, data, dan privasi Anda dari ancaman malware, seperti virus, trojan, worm, spyware, adware, ransomware, rootkit, keylogger, dan lainnya.
Antivirus adalah salah satu perangkat lunak keamanan yang paling penting untuk melindungi perangkat, data, dan privasi Anda dari ancaman malware, seperti virus, trojan, worm, spyware, adware, ransomware, rootkit, keylogger, dan lainnya.


Antivirus adalah salah satu perangkat lunak keamanan yang paling penting untuk melindungi perangkat, data, dan privasi Anda dari ancaman malware, seperti virus, trojan, worm, spyware, adware, ransomware, rootkit, keylogger, dan lainnya. Antivirus dapat memindai, mendeteksi, dan menghapus malware yang dapat merusak, mencuri, atau mengganggu sistem Anda, serta membahayakan identitas dan keamanan Anda.

Namun, tidak semua antivirus diciptakan sama. Beberapa antivirus mungkin sudah ketinggalan zaman, tidak kompatibel, tidak efektif, atau tidak handal dalam melindungi Anda dari ancaman malware yang terus berkembang dan semakin canggih. Oleh karena itu, Anda perlu memperbarui atau mengganti antivirus Anda dengan yang lebih baik, jika Anda mengalami salah satu dari 10 tanda berikut:

1. Perangkat Anda menjadi lambat, lelet, atau kinerjanya menurun

Salah satu tanda paling umum bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika perangkat Anda menjadi lambat, lelet, atau kinerjanya menurun secara signifikan. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda menggunakan terlalu banyak sumber daya, seperti memori, CPU, atau baterai, sehingga memperlambat perangkat Anda. Antivirus yang baik harus ringan dan tidak mengganggu kinerja perangkat Anda, terutama jika Anda sering melakukan tugas berat, seperti streaming, gaming, atau multitasking.
  • Perangkat Anda terinfeksi oleh malware yang tidak terdeteksi atau tidak terhapus oleh antivirus Anda, sehingga menghabiskan sumber daya, mengubah setelan, atau mengganggu fungsi sistem Anda. Malware yang baik harus dapat mendeteksi dan menghapus malware secara real-time, serta memberikan perlindungan proaktif dari ancaman baru.

2. Perangkat Anda sering crash, freeze, hang, atau lag

Tanda lain bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika perangkat Anda sering crash, freeze, hang, atau lag, yang berarti perangkat Anda tidak dapat berfungsi dengan normal atau responsif. Hal ini juga bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda memiliki bug, konflik, atau masalah kompatibilitas dengan sistem operasi atau aplikasi Anda, sehingga menyebabkan perangkat Anda tidak stabil atau error. Antivirus yang baik harus bebas dari bug, konflik, atau masalah kompatibilitas, serta mendukung fitur dan aplikasi yang Anda gunakan, seperti browser, email, atau game.
  • Perangkat Anda terinfeksi oleh malware yang tidak terdeteksi atau tidak terhapus oleh antivirus Anda, sehingga menyebabkan perangkat Anda rusak, error, atau tidak dapat diakses. Malware yang baik harus dapat memperbaiki sistem Anda yang terinfeksi, serta memberikan fitur pemulihan, seperti backup, restore, atau rescue disk.

3. Tingkat ancaman malware di perangkat Anda tinggi, sering, atau rentan

Tanda selanjutnya bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika tingkat ancaman malware di perangkat Anda tinggi, sering, atau rentan, yang berarti perangkat Anda sering terpapar atau terinfeksi oleh malware yang berbahaya, merusak, atau serius. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak memiliki basis data tanda tangan virus yang terbaru, sehingga tidak dapat mengenali atau menghapus malware yang baru atau tidak dikenal. Antivirus yang baik harus selalu diperbarui dengan basis data tanda tangan virus terbaru, serta menggunakan teknik deteksi yang canggih, seperti deteksi perilaku, analisis heuristik, atau kecerdasan buatan.
  • Antivirus Anda tidak memiliki fitur perlindungan yang lengkap, sehingga tidak dapat melindungi Anda dari berbagai jenis atau sumber malware, seperti virus, trojan, worm, spyware, adware, ransomware, rootkit, keylogger, email, web, jaringan, atau perangkat USB. Antivirus yang baik harus memiliki fitur perlindungan yang lengkap, seperti proteksi real-time, firewall, proteksi web, proteksi email, proteksi ransomware, proteksi malware, proteksi phishing, sandboxing, proteksi file, dan lainnya.

4. Anda tidak memiliki kesadaran atau kewaspadaan tentang keamanan digital Anda

Tanda berikutnya bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda tidak memiliki kesadaran atau kewaspadaan tentang keamanan digital Anda, yang berarti Anda tidak tahu atau tidak peduli tentang ancaman malware yang mengintai di internet, atau cara untuk menghindari atau mengatasinya. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak memberikan informasi atau laporan yang jelas, akurat, atau berguna tentang status keamanan sistem Anda, hasil pemindaian, aktivitas mencurigakan, atau tindakan yang diperlukan. Antivirus yang baik harus memberikan informasi atau laporan yang jelas, akurat, atau berguna, serta memberikan petunjuk atau rekomendasi yang mudah diikuti untuk menyelesaikan masalah, mengisolasi atau menghapus ancaman, atau mengambil tindakan pencegahan lainnya.
  • Antivirus Anda tidak memberikan edukasi atau kesadaran yang cukup, menarik, atau efektif tentang ancaman malware yang umum, cara mengenali atau menghindarinya, atau praktik keamanan digital yang baik. Antivirus yang baik harus memberikan edukasi atau kesadaran yang cukup, menarik, atau efektif, serta menggunakan metode yang interaktif, visual, atau gamifikasi untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan Anda tentang keamanan digital.

5. Anda mengalami gejala infeksi malware yang jelas, seperti pop-up, iklan aneh, redirect browser, perubahan setelan, atau crash aplikasi

Tanda selanjutnya bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda mengalami gejala infeksi malware yang jelas, seperti pop-up, iklan aneh, redirect browser, perubahan setelan, atau crash aplikasi, yang berarti perangkat Anda sudah terinfeksi oleh malware yang tidak terdeteksi atau tidak terhapus oleh antivirus Anda. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak memiliki kemampuan deteksi atau penghapusan yang cukup, sehingga tidak dapat mengidentifikasi atau menghilangkan malware yang canggih, tersembunyi, atau persisten. Antivirus yang baik harus memiliki kemampuan deteksi atau penghapusan yang cukup, serta menggunakan alat atau teknologi yang kuat, seperti sandboxing, enkripsi, atau pemotongan.
  • Antivirus Anda tidak memiliki fitur perlindungan tambahan yang dapat mencegah atau mengurangi dampak negatif dari infeksi malware, seperti kerugian finansial, kehilangan data, pencurian identitas, atau kerusakan sistem. Antivirus yang baik harus memiliki fitur perlindungan tambahan yang dapat mencegah atau mengurangi dampak negatif dari infeksi malware, seperti pencuri identitas, backup cloud, manajer kata sandi, VPN, atau enkripsi data.

6. Anda merasa tidak aman atau tidak terlindungi saat menggunakan internet

Tanda berikutnya bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda merasa tidak aman atau tidak terlindungi saat menggunakan internet, yang berarti Anda merasa khawatir, takut, atau cemas tentang ancaman malware yang dapat menyerang atau mengganggu perangkat, data, atau privasi Anda. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak memberikan perlindungan yang optimal, sehingga tidak dapat melindungi Anda dari ancaman malware yang terus berkembang dan semakin canggih. Antivirus yang baik harus memberikan perlindungan yang optimal, serta menggunakan teknologi atau metode yang terkini, terbaru, tercanggih, efektif, kuat, atau handal.
  • Antivirus Anda tidak memberikan kepercayaan diri atau ketenangan pikiran yang cukup, sehingga tidak dapat membuat Anda merasa aman atau terlindungi saat menggunakan internet. Antivirus yang baik harus memberikan kepercayaan diri atau ketenangan pikiran yang cukup, serta menggunakan fitur antivirus yang dapat meningkatkan keamanan digital Anda, seperti proteksi web, firewall, proteksi email, proteksi ransomware, proteksi phishing, dan lainnya. Antivirus yang baik juga harus memberikan pemberitahuan, tips, dan laporan keamanan yang jelas dan berguna, sehingga Anda dapat mengetahui status keamanan sistem Anda, hasil pemindaian, aktivitas mencurigakan, atau tindakan yang diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat merasa lebih percaya diri dan tenang saat berselancar di internet.

7. Anda tidak puas dengan fitur atau layanan dari antivirus Anda

Tanda lain bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda tidak puas dengan fitur atau layanan dari antivirus Anda, yang berarti Anda merasa kurang mendapatkan manfaat atau nilai dari antivirus Anda. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak memiliki fitur atau layanan yang Anda butuhkan, sehingga Anda merasa kurang terbantu atau terfasilitasi oleh antivirus Anda. Antivirus yang baik harus memiliki fitur atau layanan yang Anda butuhkan, seperti pembaruan otomatis, jadwal pemindaian, proteksi multi-perangkat, layanan pelanggan, garansi, atau bonus.
  • Antivirus Anda memiliki fitur atau layanan yang Anda tidak butuhkan, sehingga Anda merasa membayar lebih atau terbebani oleh antivirus Anda. Antivirus yang baik harus memiliki fitur atau layanan yang Anda tidak butuhkan, seperti fitur tambahan yang dapat Anda tambah atau kurangi sesuai keinginan Anda, rencana langganan yang fleksibel atau terjangkau, atau uji coba gratis atau pengembalian uang.

8. Anda sering mendapatkan masalah atau kesalahan dari antivirus Anda

Tanda berikutnya bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda sering mendapatkan masalah atau kesalahan dari antivirus Anda, yang berarti antivirus Anda tidak berfungsi dengan baik atau benar. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda memiliki masalah teknis, seperti bug, error, crash, atau konflik, sehingga menyebabkan antivirus Anda tidak dapat berjalan dengan lancar atau stabil. Antivirus yang baik harus bebas dari masalah teknis, serta memiliki solusi atau perbaikan yang cepat dan mudah.
  • Antivirus Anda memiliki masalah keamanan, seperti kebocoran data, malware, atau peretasan, sehingga menyebabkan antivirus Anda tidak dapat melindungi Anda dengan aman atau terpercaya. Antivirus yang baik harus bebas dari masalah keamanan, serta memiliki fitur atau teknologi yang dapat mencegah atau mengatasi masalah keamanan, seperti enkripsi, pemotongan, atau pemantauan.

9. Anda tidak mengikuti tren atau teknologi terkini tentang keamanan digital

Tanda selanjutnya bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda tidak mengikuti tren atau teknologi terkini tentang keamanan digital, yang berarti Anda tidak mengetahui atau memanfaatkan perkembangan atau inovasi terbaru di bidang keamanan digital. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak mengikuti tren atau teknologi terkini, sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang sesuai dengan ancaman atau kebutuhan terbaru. Antivirus yang baik harus mengikuti tren atau teknologi terkini, serta menggunakan teknologi atau metode yang terkini, terbaru, tercanggih, efektif, kuat, atau handal.
  • Antivirus Anda tidak memberikan informasi atau edukasi tentang tren atau teknologi terkini, sehingga tidak dapat meningkatkan pengetahuan atau keterampilan Anda tentang keamanan digital. Antivirus yang baik harus memberikan informasi atau edukasi tentang tren atau teknologi terkini, serta menggunakan metode yang interaktif, visual, atau gamifikasi untuk meningkatkan pengetahuan atau keterampilan Anda tentang keamanan digital.

10. Anda ingin mencoba atau beralih ke antivirus lain yang lebih baik

Tanda terakhir bahwa Anda memerlukan antivirus baru adalah jika Anda ingin mencoba atau beralih ke antivirus lain yang lebih baik, yang berarti Anda merasa bosan, tidak nyaman, atau tidak cocok dengan antivirus Anda saat ini. Hal ini bisa disebabkan oleh dua alasan:

  • Antivirus Anda tidak memenuhi harapan atau kepuasan Anda, sehingga Anda merasa tidak mendapatkan manfaat atau nilai yang sepadan dari antivirus Anda. Antivirus yang baik harus memenuhi harapan atau kepuasan Anda, serta memberikan manfaat atau nilai yang sepadan dengan fitur, kinerja, dan harga yang ditawarkan.
  • Antivirus Anda tidak sesuai dengan gaya atau preferensi Anda, sehingga Anda merasa tidak nyaman atau tidak cocok dengan antivirus Anda. Antivirus yang baik harus sesuai dengan gaya atau preferensi Anda, serta memberikan pilihan atau fleksibilitas yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan Anda.

Kesimpulan

Antivirus adalah perangkat lunak keamanan yang penting untuk melindungi perangkat, data, dan privasi Anda dari ancaman malware. Namun, Anda perlu memperbarui atau mengganti antivirus Anda dengan yang lebih baik, jika Anda mengalami salah satu dari 10 tanda di atas. Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan perlindungan digital yang tak tertandingi dan menikmati internet dengan aman dan nyaman.

FAQ tentang artikel Antivirus ini:

Q: Apa itu antivirus?

A: Antivirus adalah perangkat lunak keamanan yang dirancang untuk melindungi sistem komputer atau perangkat seluler dari virus, malware, spyware, ransomware, phishing, dan ancaman online lainnya.

Q: Mengapa saya membutuhkan antivirus?

A: Anda membutuhkan antivirus untuk menjaga keamanan digital Anda, karena ancaman online dapat merusak, mencuri, atau mengganggu data dan fungsi sistem Anda, serta membahayakan privasi dan identitas Anda.

Q: Bagaimana cara memilih antivirus yang tepat?

A: Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti kompatibilitas, fitur, kinerja, dan harga, saat memilih antivirus yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda juga dapat membandingkan ulasan, peringkat, dan penghargaan dari berbagai sumber terpercaya, seperti AV-Test, AV-Comparatives, PCMag, TechRadar, dan lainnya12.

Q: Apa perbedaan antara antivirus gratis dan berbayar?

A: Antivirus gratis biasanya menawarkan perlindungan dasar dan fitur terbatas, sedangkan antivirus berbayar biasanya menawarkan perlindungan canggih dan fitur tambahan, seperti proteksi web, firewall, proteksi email, proteksi ransomware, proteksi phishing, sandboxing, proteksi file, backup cloud, manajer kata sandi, VPN, dan lainnya. Antivirus berbayar juga biasanya memiliki layanan pelanggan yang lebih baik dan garansi yang lebih lama1.

Q: Apa merek antivirus terbaik yang dapat saya gunakan?

A: Ada banyak merek antivirus yang tersedia di pasaran, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa merek antivirus terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Norton, McAfee, Avast, AVG, Kaspersky, Bitdefender, Malwarebytes, Avira, Trend Micro, ESET, Sophos, Panda, F-Secure, dan lainnya. Anda dapat memilih merek antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, dan memeriksa fitur, kinerja, dan harga yang ditawarkan oleh masing-masing merek134.

Q: Bagaimana cara menginstal antivirus di perangkat saya?

A: Cara menginstal antivirus di perangkat Anda tergantung pada jenis dan merek antivirus yang Anda pilih. Secara umum, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal antivirus di perangkat Anda:

  • Kunjungi website resmi dari antivirus yang Anda pilih dan unduh file instalasi yang sesuai dengan sistem operasi dan perangkat Anda.
  • Buka file instalasi yang telah Anda unduh dan ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.
  • Setelah instalasi selesai, jalankan antivirus Anda dan lakukan pembaruan basis data tanda tangan virus terbaru.
  • Lakukan pemindaian awal untuk memeriksa dan membersihkan sistem Anda dari virus, malware, atau ancaman lainnya.
  • Atur pengaturan antivirus Anda sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, seperti jadwal pemindaian, proteksi real-time, fitur tambahan, dan lainnya1.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika antivirus saya mendeteksi ancaman di sistem saya?

A: Jika antivirus Anda mendeteksi ancaman di sistem Anda, Anda harus segera mengambil tindakan untuk mengisolasi atau menghapus ancaman tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan jika antivirus Anda mendeteksi ancaman di sistem Anda:

  • Ikuti petunjuk atau rekomendasi yang diberikan oleh antivirus Anda untuk menyelesaikan masalah, seperti memindahkan ancaman ke karantina, menghapus ancaman, atau memulihkan file yang terinfeksi.
  • Jika ancaman tersebut adalah ransomware, jangan pernah membayar tebusan yang diminta oleh penyerang, karena tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan kembali data Anda. Sebaliknya, Anda harus mencoba untuk memulihkan data Anda dari backup yang telah Anda buat sebelumnya, atau menggunakan alat dekripsi yang tersedia secara online.
  • Jika ancaman tersebut adalah phishing, jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan Anda kepada pihak yang tidak sah atau tidak terpercaya, baik melalui email, pesan, telepon, atau situs web. Sebaliknya, Anda harus melaporkan email atau pesan yang mencurigakan kepada penyedia layanan email atau pesan Anda, atau menghubungi organisasi atau individu yang sah untuk mengonfirmasi keaslian dan keamanan dari komunikasi tersebut.
  • Jika ancaman tersebut adalah spyware, jangan pernah mengizinkan akses atau izin yang tidak perlu kepada aplikasi atau program yang mencurigakan, baik melalui browser, email, atau perangkat Anda. Sebaliknya, Anda harus mengubah kata sandi dan pengaturan keamanan untuk semua akun online Anda, dan menghapus atau memblokir aplikasi atau program yang mencurigakan dari perangkat Anda1.

Q: Bagaimana cara memperbarui antivirus saya? A: Cara memperbarui antivirus Anda tergantung pada jenis dan merek antivirus yang Anda gunakan. Secara umum, Anda dapat memperbarui antivirus Anda dengan cara berikut:

  • Kunjungi website resmi dari antivirus Anda dan unduh file pembaruan yang sesuai dengan sistem operasi dan perangkat Anda.
  • Buka file pembaruan yang telah Anda unduh dan ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses pembaruan.
  • Setelah pembaruan selesai, restart per

Learn more

1lifewire.com2support.microsoft.com3support.avg.com4support.avg.com+1 more

11of30

 

Q: Bagaimana cara menghapus antivirus yang sudah terinstal di perangkat saya?

A: Cara menghapus antivirus yang sudah terinstal di perangkat Anda tergantung pada jenis dan merek antivirus yang Anda gunakan. Secara umum, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus antivirus di perangkat Anda:

  • Buka panel kontrol atau pengaturan perangkat Anda dan cari opsi untuk menghapus atau mengubah program.
  • Cari nama antivirus yang ingin Anda hapus dan klik uninstall, remove, atau delete.
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.
  • Setelah penghapusan selesai, restart perangkat Anda untuk membersihkan sisa-sisa antivirus.
  • Jika Anda mengalami masalah atau kesulitan dalam menghapus antivirus, Anda dapat mencari alat penghapus khusus yang disediakan oleh vendor antivirus, atau menggunakan alat penghapus generik, seperti Revo Uninstaller atau IObit Uninstaller.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika antivirus saya berkonflik dengan program lain di perangkat saya?

A: Jika antivirus Anda berkonflik dengan program lain di perangkat Anda, Anda harus mencoba untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan cara berikut:

  • Periksa apakah antivirus Anda atau program lain yang berkonflik memiliki pembaruan terbaru yang dapat memperbaiki masalah kompatibilitas. Jika ada, segera lakukan pembaruan dan restart perangkat Anda.
  • Periksa apakah antivirus Anda atau program lain yang berkonflik memiliki pengaturan atau fitur yang dapat mengurangi atau menghindari konflik, seperti mode kompatibilitas, daftar putih, daftar hitam, atau pengecualian. Jika ada, sesuaikan pengaturan atau fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Periksa apakah antivirus Anda atau program lain yang berkonflik memiliki versi alternatif atau opsi yang lebih cocok dengan perangkat Anda, seperti versi ringan, versi online, atau versi offline. Jika ada, coba gunakan versi alternatif atau opsi tersebut.
  • Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda mungkin harus memilih salah satu dari antivirus Anda atau program lain yang berkonflik untuk dihapus atau dinonaktifkan, atau mencari antivirus atau program lain yang lebih kompatibel dengan perangkat Anda.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika antivirus saya tidak dapat menghapus malware yang terdeteksi di perangkat saya?

A: Jika antivirus Anda tidak dapat menghapus malware yang terdeteksi di perangkat Anda, Anda harus mencoba untuk menghapus malware tersebut dengan cara berikut:

  • Jalankan antivirus Anda dalam mode aman atau mode darurat, yang dapat membatasi aktivitas malware dan memudahkan penghapusan. Anda dapat mengakses mode aman atau mode darurat dengan menekan tombol tertentu saat memulai perangkat Anda, seperti F8, F10, atau F12, tergantung pada jenis dan merek perangkat Anda.
  • Jalankan antivirus Anda dalam mode offline atau mode bootable, yang dapat memindai dan menghapus malware sebelum sistem operasi atau malware dijalankan. Anda dapat mengakses mode offline atau mode bootable dengan menggunakan media yang dapat di-boot, seperti CD, DVD, atau USB, yang berisi antivirus Anda atau alat pemindaian lainnya.
  • Jalankan antivirus Anda dalam mode kustom atau mode lanjutan, yang dapat memindai dan menghapus malware di area atau lokasi tertentu di perangkat Anda, seperti registry, folder, atau file. Anda dapat mengakses mode kustom atau mode lanjutan dengan memilih opsi atau pengaturan tertentu di antivirus Anda.
  • Jalankan antivirus Anda dengan menggunakan alat atau teknologi tambahan yang dapat membantu penghapusan malware, seperti sandboxing, enkripsi, atau pemotongan. Anda dapat mengakses alat atau teknologi tambahan dengan mengunduh atau mengaktifkan fitur atau modul tertentu di antivirus Anda.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika antivirus saya salah mengenali file atau program yang aman sebagai malware?

A: Jika antivirus Anda salah mengenali file atau program yang aman sebagai malware, Anda harus mencoba untuk memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara berikut:

  • Laporkan kesalahan tersebut kepada vendor antivirus Anda, sehingga mereka dapat memperbarui basis data tanda tangan virus atau algoritma deteksi mereka untuk menghindari kesalahan serupa di masa depan. Anda dapat melaporkan kesalahan tersebut dengan mengirim email, mengisi formulir, atau mengunggah file atau program yang salah dikenali sebagai malware ke website resmi vendor antivirus Anda.
  • Tambahkan file atau program yang salah dikenali sebagai malware ke daftar putih, daftar aman, atau pengecualian antivirus Anda, sehingga mereka tidak akan dipindai, diblokir, atau dihapus oleh antivirus Anda. Anda dapat menambahkan file atau program tersebut ke daftar putih, daftar aman, atau pengecualian dengan memilih opsi atau pengaturan tertentu di antivirus Anda.
  • Pulihkan file atau program yang salah dikenali sebagai malware dari karantina, tempat sampah, atau lokasi lain di mana antivirus Anda memindahkan atau menyimpan file atau program tersebut setelah mendeteksi mereka sebagai malware. Anda dapat memulihkan file atau program tersebut dari karantina, tempat sampah, atau lokasi lain dengan memilih opsi atau pengaturan tertentu di antivirus Anda.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika antivirus saya tidak dapat memindai file atau program tertentu di perangkat saya?

A: Jika antivirus Anda tidak dapat memindai file atau program tertentu di perangkat Anda, Anda harus mencoba untuk memindai file atau program tersebut dengan cara berikut:

  • Periksa apakah file atau program tersebut memiliki atribut atau izin yang dapat mencegah antivirus Anda untuk mengakses atau memindai mereka, seperti atribut tersembunyi, baca saja, atau sistem. Jika ada, ubah atribut atau izin tersebut agar antivirus Anda dapat mengakses atau memindai file atau program tersebut.
  • Periksa apakah file atau program tersebut memiliki ekstensi atau format yang tidak didukung atau tidak dikenal oleh antivirus Anda, seperti ekstensi khusus, terenkripsi, atau terkompresi. Jika ada, ubah ekstensi atau format tersebut agar antivirus Anda dapat mengenali atau memindai file atau program tersebut, atau gunakan alat atau teknologi tambahan yang dapat membuka atau mengekstrak file atau program tersebut.
  • Periksa apakah file atau program tersebut memiliki ukuran atau jumlah yang terlalu besar atau terlalu banyak untuk dipindai oleh antivirus Anda, seperti file atau program yang melebihi batas ukuran atau jumlah yang ditentukan oleh antivirus Anda. Jika ada, pecah atau kurangi ukuran atau jumlah file atau program tersebut agar antivirus Anda dapat memindai file atau program tersebut, atau gunakan alat atau teknologi tambahan yang dapat memindai file atau program yang besar atau banyak tersebut.

 10 Antivirus Windows 10&11 Terbaik

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url